Apa yang harus kita lakukan atau kita persiapkan ketika keadaan darurat dan kita butuh dana darurat, ini terlalu mepet, apa aja yang bisa kita lakukan di masa kritis untuk mengatasi hal ini. Kalau masa-masa biasa-biasa aja banyak opsi yang bisa kita lakukan. Sekarang pilihannya terbatas opsinya terbatas ya apa yang kita lakukan dalam keadaan seperti ini?

Sebelumnya saya jelasin dulu. Apa yang dimaksud dana darurat atau dalam bahasa Inggrisnya emergency fund  ini, yang dimaksud adalah dana yang kita siapkan secara terpisah untuk Cash reserve atau dana cadangan dan juga untuk kebutuhan yang sifatnya darurat.  Terus terang, kita semua tidak akan menyadari dari tahun lalu, dari awal-awal tahun 2019, kalau di tahun 2020 Indonesia akan ada yang namanya virus corona. Tidak ada yang tahu, kalau semua orang Indonesia tahu dari awal tahun lalu pasti akan antisipasi supaya siap-siap di menghadapi virus di tahun 2020.

Apa yang bisa dilakukan dalam keadaan seperti ini? dalam kondisi seperti ini kemungkinan tiga opsi yang pertama yang saya sarankan adalah kalau kamu punya investasi dalam bentuk Reksadana atau saham, nah itu bisa dijual jika keadaan memaksa.

Kok di jual reksadana yang lagi turun sahamnya juga lagi turun lagi minus artinya modalku berkurang find kok dijual gini teman-teman kalau kamu ngikutin yang pernah kita lakukan di finansialku yang salah kita ngomong di sini aja aku selalu punya dana darurat sebelum investasi kamu nggak akan mendapatkan pilihan sulit seperti sekarang. Kenapa reksadana yg dijual? karena untuk mengantisipasi turunnya value nilai saham.

Kedua, sebisa mungkin kurangi pengeluaran-pengeluaran yang nggak diperlukan saat ini. Misal membeli sesuatu yang bukan kebutuhan penting, contoh, beli sepatu futsall, nah kalau sudah punya mending hindari beli yang sifatnya tidak penting. Hindari pengeluaran-pengeluaran seperti itu, karena apa Ada kemungkinan pengeluaran-pengeluaran ke depannya akan lebih mahal misal bisa jadi stoknya mie instan berkurang, stok beras habis.

Ketiga ini yang paling sulit, bagaimana caranya cari tambahan penghasilan tinggi, nah lah nambah penghasilan utama aja sulit kok malah disuruh nambah penghasilan hehehe. Makanya  ini yang paling sulit namun bukannya tidak mungkin, banyak jalan dan cara mencari rejeki, asal kita mau dan siap kerja cerdas dan kerja keras.

Salah satu contoh, bisa saja kita berbisnis jual jamu online, untuk menanggulangi wabah corona.. nah, caranya? banyak, kita bisa jual online baik via wa maupun fb dan banyak lagi deh. Itu baru satu ide, ide lain, bisa juga nawarkan barang milik orang lain alias dropship. Atau bisa juga menawarkan produk asuransi proteksi kesehatan.

Jadi jelas kan ya?

Review Overview
  • Designing
  • SEO - Marketing
  • Responsive
  • Advertisement
  • Professional
Total Score

Donec sed odio dui. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nullam id dolor id ultricies ut vehicula ut id. Integer posuere erat a venenatis dapibus posuere velit aliquet duis mollis. Aenean lacinia bibendum nulla sed consectetur.

User Rating: ( Votes )