Kali ini penulis akan membahas tentang anggaran usaha dan bisnis. Biasanya sih kalau para pebisnis, mereka sudah pada punya anggaran keuangan bisnis tapi mereka enggak punya nih anggaran keuangan pribadi. Akhirnya yang penting jalan keuangan pribadi, untuk anggaran bisnis juga sama, tanpa ada pengaturan yang baik dan benar. Padahal seharusnya kebalik harusnya keuangan kita dulu diatur lalu kemudian baru keuangan bisnis.

Utamanya adalah kita sendiri harus perbaiki keuangan pribadi terlebih dahulu sebelum kita atur dengan rapi daan jelas anggaran untuk bisnis. Salah satu caranya membuat agar  teratur keuangan pribadi, ada baiknya diutamakan yang paling penting terlebih dahulu.

Langkah pertama dalam merencanakan keuangan, yang harus dicapai dalam membuat anggaran langkah pertama adalah kita mulai membagi pengeluaran. Menjadi dua anggaran, yang konsumtif dan yang produktif. Dimana yg bersifat konsumtif adalah anggaran atau uang yang akan kita habiskan untuk kebutuhan kita, dan yang bersifat produktif adalah anggaran yang akan kita petik keuntungan dan manfaatnya dikemudian hari.

Anggaran produktif itu juga ada pajaknya, ada tabungan dan investasi dan hutang, serta ada sedekah atau donasi itu yang utama. Pengeluaran yang konsumtif, pengeluaran konsumsi adalah pengeluaran yang kita konsumsi setiap hari ini misalnya kebutuhan sehari-hari, kebutuhan makanan,  transportasi dan segala macamnya.

Jadi harus bikin anggaran  dimana kalian sudah tahu perbulan ingin pengeluaran berapa besar. Rencanakan keuangan sendiri, buat perkiraan pengeluaran dalam satu bulan. Dari hasil perkiraan pengeluaran bulanan tersebut, sebaiknya ditambah 10 persen hingga 20 persen.

Mengapa kita harus menambah 10-20% anggaran kebutuhan bulanan? hal ini untuk mengantisipasi adanya kebutuhan keuangan yang bersifat mendadak dan tidak dapat diprediksi. Dengan adanya tambahan anggaran keuangan, akan mempermudah kita mengatur kebutuhan emergency bila ada kejadian tertentu.

Sebenarnya kita bisa masukkan anggaran kebutuhan Asuransi kesehatan atau jiwa sebagai 20% anggaran tambahan, namun alangkah lebih baiknya jika anda ada kelebihan, pos biaya asuransi ditersendirikan.

Review Overview
  • Designing95%
  • SEO - Marketing99%
  • Responsive100%
  • Pricing80%
  • Professional100%
Total Score95%

Donec sed odio dui. Nulla vitae elit libero, a pharetra augue. Nullam id dolor id ultricies ut vehicula ut id. Integer posuere erat a venenatis dapibus posuere velit aliquet duis mollis. Aenean lacinia bibendum nulla sed consectetur.

User Rating: ( Votes )